-ulasan singkat-

Posted: April 16, 2009 in Uncategorized

Pada tanggal 9 April 2009 diadakan Pemilu Legislatif. Pesta Demokrasi ini dilakukan untuk mengembalikan kedaulatan pemerintahan kepada rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia sebagai pemegang kedaulatan tertinggi di republik ini mempunyai hak untuk memilih wakil-wakilnya secara langsung.

Dilihat dari persiapan hingga pada saat pelaksanaan, masih terdapat banyak kekurangan yang dilakukan oleh Panitia, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum. Dari segi sosialisasi, sangat minim sekali. Banyak liputan-liputan di media massa yang mengulas tentang hal ini. Sehingga, masyarakat masih banyak yang bingung bagaimana tata cara Pemilu kali ini. Dari segi pendataan pemilih, dirasakan ke-kurang gencar-an pendataan oleh KPU, bahkan hal ini menuai banyak protes dari kalangan partai politik peserta pemilu. Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada pada KPU terdapat banyak kekurangan. Diantaranya, terdapat data pemilih yang sudah meninggal dunia seolah-olah menghidupkan kembali si pemilih tersebut, padahal di lain sisi, banyak data pemilih pemula tidak terdapat dalam DPT. Hal ini sesuai dengan yang saya alami langsung. Sebagai pemilih pemula, saya tidak mendapat tempat dalam DPT sehingga pada hari pemilihan saya dipaksa untuk golput. Perasaan saya sangat kecewa, karena ketika ingin menunjukkan sedikit rasa cinta terhadap tanah air, cinta saya ditolak. Dari media, saya ketahui bahwa yang memperoleh hak suara hanya 50% dari penduduk Indonesia yang “cukup umur” alias sudah bisa memilih. Masih banyak kekurangan yang lain, diantaranya perlakuan terhadap partai yang melanggar tata tertib kampanye, juga berkaitan dengan logistik serta pendistribusiannya, dan lain-lain.

Namun harus disyukuri, pada saat pemilihan hingga proses penghitungan suara keadaan tetap terkendali. Memang masih ada sejumlah parpol yang menuntut, wajar saja bagi mereka yang kurang mendapat tempat di hati rakyat. Secara keseluruhan, dapat dilihat kedewasaan rakyat Indonesia dalam melakukan proses demokrasi. Ini dilihat dari hasil penghitungan suara sementara dari KPU maupun dari hasil hitung cepat lembaga-lembaga tertentu bahwa yang berada dalam jajaran teratas diduduki oleh partai-partai nasionalis. Harapan ke depan, khususnya mendekati waktu Pemilihan Presiden, persiapan yang dilakukan bisa lebih bagus lagi dan rakyat semakin dewasa dalam menentukan figur yang tepat untuk memimpin bangsa ini.

JAYALAH INDONESIA!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s