Ke-aku-an

Posted: July 1, 2014 in Uncategorized
Tags: , , ,

“….dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri…”

-sebuah pesan dari Paulus dan Timotius-

Pesan di atas sangat mudah untuk dikatakan, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Kecenderungan manusia saat ini adalah aku, aku dan aku. Ke-aku-an tentu mengutamakan kepentingan sendiri di atas orang lain. Ke-aku-an menimbulkan sebuah bahaya yang luar biasa, yaitu menganggap orang lain sebagai pelengkap untuk menyempurnakan hal-hal yang berkaitan dengan aku. Pesan Paulus dan Timotius di atas menjadi sebuah pesan yang ingin mendobrak ke-aku-an. Tanpa menjelaskan banyak hal tentang ke-aku-an, Paulus dan Timotius secara langsung menyerang ke-aku-an dengan sebuah syarat yang lagi-lagi sulit untuk dilakukan yaitu, rendah hati.

Untuk melakukan hal itu, tentu si aku tidak bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri. Namun, jangan kuatir, ada kekuatan di luar diri si aku yang memungkinkan hal itu bisa dilakukan. Kekuatan dari Allah melalui Roh-Nya itu yang akan memampukan aku. Kekuatan itu tentunya tidak akan ada ketika aku tidak memanfaatkannya. Jadi, aku harus memiliki kemauan untuk memanfaatkannya dengan mengambil sebuah keputusan. Keputusan itu diambil dengan kesadaran penuh dan nantinya memampukan si aku, bahkan terkadang di saat aku merasa tidak mampu pun aku akan dimampukan.

Mengutamakan ke-aku-an terkadang terjadi tanpa kesadaran, sementara mengikisnya perlu kesadaran penuh. Oleh karena itu, sadarkanlah diri saat ini untuk terus-menerus mengambil keputusan ketika posisi si aku sudah mulai muncul. Dengan mengurangi ke-aku-an, muncullah kebersamaan yang menimbulkan kebahagiaan bagi orang lain.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s